Perbandingan Keuntungan Dalam Beternak Yang Lebih Menguntungkan

perbandingan keuntungan dalam beternak
Calon peternak atau orang yang baru akan menjalani wirausaha peternakan, sering sekali mencari informasi untuk mendapatkan kesimpulan perbandingan keuntungan dalam beternak.

Biasanya ini terjadi karena adanya keinginan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar secara cepat, atau di dorong oleh keinginan untuk dapat mengembalikan modal dengan secepatnya, terlebih apabila modal yang di miliki adalah modal dari bank.
 
Dengan modal dari bank ini, menjadi sebuah beban psikologis bagi calon peternak, yang ujungnya salah jalan karena memilih salah satu wirausaha peternakan yang akan di sesalinya.

Pada dasarnya semua wirausaha peternakan itu menguntungkan, kalau kita menguasai tata kelola peternakan dengan baik dan berhasil membangun sebuah sistem dalam peternakan kita, maka peternakan  yang kita kelola akan memberikan hasil yang maksimal.

Banyak orang yang akan memulai wirausaha peternakan, berusaha mencari informasi perbandingan keuntungan dalam peternakan, dimana informasi tersebut akan di jadikan sebagai sebuah keputusan, ternak apa yang akan di jalani. 
 
Di sinilah awal mula penyesalan itu terjadi  ketika kegagalan menerpa wirausaha peternakan yang di jalaninya.

Artikel Terkait:
"Inilah Peluang Usaha Peternakan Yang Menguntungkan"

Awal mula penyesalan dalam dunia peternakan adalah karena mengikuti saran orang lain atau masukan orang lain bahwa ternak ini lebih menguntungkan, ternak itu lebih menguntungkan. 
Apalagi kalau yang memberikan saran adalah orang yang sama sekali tidak menjalani wirausaha peternakan yang di sarankan. 
 
Kebanyakan orang yang tidak menjalani, sering berbicara lebih indah dan yang manis-manisnya saja di bandingkan dengan orang yang menjalaninya.
Maka penyesalan  yang kita rasakan akibat adanya kegagalan dalam usaha ternak kita karena mengikuti saran orang lain, akan berujung menyalahkan orang lain.

Kalau kita akan terjun dalam wirausaha peternakan, berdasarkan pengalaman wiraternak, wirausaha ternak apa yang ingin anda jalani, ya jalani. 
Tidak perlu mencari perbandingan keuntungan dalam wirausaha peternakan. Nanti malah bingung sendiri dan tidak segera melangkah.

Karena setiap peternak, kalau ditanya mengenai perbandingan usaha ternak, tentu akan mengatakan bahwa wirausaha ternak yang di jalaninya lebih menguntungkan dibanding dengan peternakan yang lain.
Anda bertanya kepada  peternak sapi, kenapa tidak beternak ayam, tentu mereka akan mengatakan bahwa beternak ayam inilah itulah, begini dan begitu.
Dan sebaliknya, apabila anda bertanya kepada peternak ayam, mengapa mereka tidak beternak sapi, mereka akan mengatakan bahwa beternak sapi itu seperti ini, beternak sapi itu seperti itu.

Berhentilah membandingkan wirausaha peternakan apa yang lebih menguntungkan, karena itu akan membingungkan anda sendiri. 

Kalau anda tetap ingin membandingkan wirausaha peternakan yang ingin anda jalani, yang perlu di jadikan catatan adalah setiap hewan ternak memiliki siklus dan pertumbuhan yang membutuhkan waktu yang berbeda.

Inilah yang harus anda pelajari, harus anda tanyakan kepada diri anda sendiri, apakah siklus dan pertumbuhan tersebut masuk dalam perhitungan wirausaha peternakan anda atau tidak, menguntungkan atau tidak, dan anda sanggup menjalaninya atau tidak.

Menurut hemat wiraternak, daripada memikirkan perbandingan wirausaha peternakan yang akan di jalani, lebih baik memikirkan seberapa besar peluang yang ada untuk wirausaha peternakan anda dapat memberikan keuntungan yang maksimal.

Beternak tidak hanya mengenai tata kelola hewan yang kita ternak, beternak juga mengenai seberapa besar kebutuhan pasar tersedia.
Semakin besar kebutuhan pasar yang tersedia, semakin besar peternakan anda akan memberikan peluang menguntungkan.

Hal terpenting dalam menjalani usaha peternakan adalah bagaimana supaya peternakan yang kita kelola, hasilnya dapat terserap oleh kebutuhan pasar secara maksimal.

Seberapapun besarnya keuntungan perhitungan di atas kertas, kalau hasil peternakan kita tidak mampu di serap pasar, akan menjadi percuma.
Keuntungan di atas kertas, akan berubah menjadi kerugian, ketika hasil peternakan kita tidak terserap pasar.

Seharusnya bukan mencari perbandingan keuntungan dalam beternak, tapi mencari seberapa besar kebutuhan pasar akan hasil peternakan di daerah tempat anda tinggal.
Kalau di daerah anda minim suplai daging sapi, beternaklah sapi.

Kalau di daerah anda tidak ada peternak ayam kampung skala besar, ternaklah ayam kampung.
Tingginya kebutuhan pasar, sedikitnya jumlah kompetitor, itulah perbandingan keuntungan hewan ternak yang semestinya di cari informasinya.


Salam sukes peternakan, Semoga bermanfaat.

Maaf, Kami akan menghapus komentar spam.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post

Facebook Like