Cara Mengurangi Sifat Kanibalisme Ayam Kampung Pada Pemeliharaan Sistem Intensif

cara mengurangi sifat kanibalisme pada ayam kampungSifat kanibalisme pada ayam kampung sangat merugikan peternak. 

Terlebih pada pemeliharaan sistem intensif, sifat kanibalisme ini akan sangat mudah kita lihat apabila terdapat faktor pemicu munculnya sifat sifat kanibalisme.

Sifat kanibalisme pada ayam kampung dapat menyebabkan menurunnya produksi, terlambatnya pertumbuhan sehingga bobot tubuh optimal tidak tercapai, sifat kanibalisme ini juga dapat menyebabkan kematian pada ayam kampung.

Penyebab utama munculnya sifat kanibalisme adalah stress atau adanya cekaman yang dialami oleh ayam kampung. Stress yang menyebabkan munculnya sifat kanibalisme pada ayam kampung ini banyak sekali penyebabnya. 

Dengan mengetahui penyebab dari munculnya stress pada ayam kampung yang menjadi penyebab sifat kanibalisme, kita akan dapat mengurangi atau menghilangkan sifat kanilbalisme pada ayam kampung kita.

Stress penyebab munculnya sifat kanibalisme bisa terjadi dikarenakan oleh faktor-fator seperti di bawah ini:


1. Kondisi Kandang
Kondisi kandang yang tidak nyaman dapat menyebabkan stress pada ayam kampung sehingga memicu munculnya sifat kanibalisme. 

Kondisi kandang yang terlalu panas biasanya lebih cepat memacu munculnya kanibalisme. 

Jumlah kepadatan yang terlalu tinggi juga dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada ayam, hal ini juga dapat memacu munculnya sifat kanibalisme.


Menciptakan kondisi nyaman pada kandang ayam kita adalah salah satu upaya untuk menghilangkan sifat kanibalisme.

2. Terlambatnya pemberian ransum atau air minum
Pemberian ransum yang terlambat dan pengontrolan air minum yang kurang terkontrol juga merupakan penyebab potensial munculnya sifat kanibalisme. 

Berilah ransum sesuai jadwal dan selalu perhatikan ketersediaan air minum. 

Keterlambatan pemberian ransum sangat mudah memacu meningkatnya emosional ayam kampung sehingga secara tiba-tiba ayam menyerang ayam yang lain.

3. Penempatan ayam yang tidak sesuai
Ayam yang lebih besar secara ukuran dan berat tubuhnya, dan ayam yang lebih tua secara umur,biasanya akan menyerang ayam yang lebih kecil atau lebih muda. 

Sifat superioritas pada ayam kampung sangat mudah terlihat dalam hal ini. 

Untuk menghindari munculnya sifat kanibalisme pada keadaan ini, usahakan menempatkan ayam dengan usia yang sama atau dengan berat tubuh yang sama.

4. Kualitas Ransum yang kurang bagus
Kualitas ransum yang kurang bagus atau memiliki kandungan nutrisi yang rendah juga dapat menyebabkan munculnya sifat kanibalisme pada ayam kampung. 

Pemberian hijauan sebagai variasi dalam ransum juga dapat dilakukan untuk menekan munculnya sifat kanibalisme ini.

Menghindari penyebab terjadinya stres pada ayam kampung adalah sebuah cara terbaik untuk menghindari munculnya sifat-sifat kanibalisme. 

Walaupun sifat ini tidak bisa di hilangkan, tapi kita bisa meminimalisasi munculnya sifat kanibalisme yang akan merugikan peternakan ayam kampung kita.


Selain dengan menghindari stress, pemotongan paruh pada ayam kampung juga dapat kita lakukan untuk menghindari luka yang timbul akibat dari patukan paruh ketika munculnya sifat kanibalisme.

Semoga bermanfaat dan semoga sukses

Maaf, Kami akan menghapus komentar spam.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post

Facebook Like